Minggu, 16 Desember 2012

KARANG TARUNA PATERA YODHA HARUS TETAP EKSIS

Karang Taruna merupakan wadah pembinaan generasi muda yang berada di desa dalam bidang Usaha Kesejahteraan Sosial. Sebagai wadah pembinaan tentu saja mempunyai beberapa program yang akan dilaksanakan yang melibatkan seluruh komponen dan potensi yang ada di desa.
Sebagai Lembaga/Organisasi formal yang bergerak di bidang Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan berfungsi sebagai subyek (pelaku/pelaksana), Karang Taruna sedapat mungkin bisa menunjukkan fungsi dan peranannya secara optimal.
Sebagai organisasi tentunya harus memiliki susunan pengurus yang lengkap, dan masing-masing pengurus dapat melaksanakan fungsinya sesuai dengan bidang tugasnya serta dapat bekerja sama dengan lembaga/pihak lain dan didukung oleh menejemen dan administrasi yang tertib dan teratur.
            Untuk melakukan fungsi dan tugasnya, Karang Taruna harus memiliki program kegiatan yang jelas sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi, yang disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga program kegiatan Karang Taruna bisa belangsung secara melembaga, terarah dan berkesinambungan serta melibatkan seluruh unsur generasi muda yang ada
            Kemampuan untuk menghimpun dana secara tetap, baik yang bersumber dari pemerintah, usaha-usaha mandiri secara syah maupun swadaya anggota untuk  melaksanakan kegiatan program kemasyarakatan adalah menjadi tugas penting pengurus, demi keberlangsungan organisasi.
            Untuk menunjang kegiatan organisasi, idealnya Karang Taruna harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai, baik perlengkapan atribut organisasi, peralatan administrasi dan ruang kantor yang representatif.
Karang Taruna harus mampu menjadi pionir, menunjukkan eksistensinya secara optimal di tengah-tengah masyarakat sehingga mendapatkan legetimasi dan kepercayaan dari komponen-komponen masyarakat yang lain, yang sama-sama berpatisipasi dalam Pembangunan Desa secara umum, khususnya dalam pembangunan bidang Kesejahteraan Sosial.  Pemerintah Desa bersama-sama dengan komponen/lembaga lain yang sesuai dengan tugas, fungsi dan perananya, berkepentingan membangun desa disemua bidang, singkatnya pembangunan fisik dan pembangunan non fisik. Melalui lembaga/bidang terkait yang mewadahi segenap aspirasi masyarakat dalam Pembangunan Desa secara menyeluruh, terutama pembangunan non fisik, yang meliputi bidang Idiologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama dan Pertahanan dan Keamanan, Pemerintah Desa sebelum membuat kebijakan, mempunyai tugas menyelenggarakan musyawarah desa,  maka Karang Taruna adalah menjadi salah satu bagian yang ikut aktif  berpartisipasi dalam pembangunan Bidang Kesejahteraan Sosial, akan selalu berkoordinasi, konsultasi, evaluasi dan memberikan saran kepada Kepala Desa atau lembaga terkait, baik secara lisan maupun bentuk yang lain.

Potensi SDM Pemuda Desa Pasir dan Sumber Daya Alam
            Terbentuknya beberapa organisasi berbasis pemuda di Desa Pasir ( Karang Taruna, GP Ansor, IPNU-IPPNU, Ikatan Santri, Remaja Masjid/Pondok, Kelompok Tani Muda, dll) dan organisasi berbasis non
pemuda, baik ormas maupun lembaga formal (Pemerintah Desa, BPD, LKMD, Lembaga Pendidikan, Kelompok Tani/Gapoktan, dll) notabenenya cenderung banyak didominasi oleh peran pemuda. Jiwa kemandirian dan semangat kerja yang ditanamkan oleh lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar, ditunjang dengan dasar pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pola hidup yang berbasis agama, yang sudah menjadi bagian dari semangat dan kebutuhan hidup mayoritas masyarakat Desa Pasir, sehingga banyak melahirkan generasi muda mandiri yang berpendidikan menengah atas, sarjana bahkan master sampai doktoral, adalah menjadi sebagian dari bukti bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) Pemuda Desa Pasir sangat berpotensi dan cukup memadai.
            Jika potensi yang ada mampu diberdayakan secara maksimal dan diselaraskan dengan potensi Sumber Daya Alam (SDA) Desa Pasir yaitu bidang pertanian dan turunannya, dan potensi bidang-bidang yang lain, yaitu industri kecil/UKM (mis: konveksi dll), ketrampilan jasa (mis: perbengkelan, sablon, dll) juga kreatifitas (mis: kaligrafi, dekorasi, dll), maka akan tercipta beberapa lapangan kerja baru yang akan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat khususnya pemuda dan dapat mengurangi dampak negatif dari persoalan sosial ekonomi.

Pemberdayaan Karang Taruna Patera Yodha
Pemberdayaan dan pembinaan secara umum maupun pembinaan secara fungsional dan teknis terhadap Karang Taruna “Patera Yodha” oleh Pemerintah Desa Pasir dan jenjang pemerintahan di atasnya ( Kecamatan sampai Pusat) telah diketahui bersama, bahwa Karang Taruna “Patera Yodha” sebagai organisasi sosial kepemudaan yang ada di Desa, mempunyai tugas pokok yaitu : bersama-sama pemerintah menangani permasalahan sosial (bidang Kesejahteraan Sosial ). Sebagai organisasi, Karang Taruna “Patera Yodha” kita dorong bersama, sehingga mampu membuat dan merealisasikan program yang disesuaikan dengan kepentingan / keadaan masyarakat Desa Pasir.
            Dalam mewujudkan program / kegiatan yang dilaksanakan oleh Karang Taruna “Patera Yodha” dengan bekal beberapa pengalaman yang selama ini dan SDM yang memadai, dapat ditarik suatu garis kerjasama koordinasi, saling mengisi, saling mendukung dan saling sumbang-saran dengan Pemerintah Desa, maka eksistensi Karang Taruna “Patera Yodha” sebagai bagian dari partisipasi masyarakat khususnya generasi muda, program-programnya akan dilaksanakan bersama-sama dan membahu-membahu dengan Pemerintah Desa dalam mengisi pembangunan desa, meskipun Karang Taruna “Patera Yodha”  kosentrasinya pada Pembangunan Bidang Kesejahteraan Sosial.
            Sesuai dengan kondisinya, Karang Taruna “Patera Yodha” sebagai wahana partisipasi pemuda dalam pembangunan masyarakat, diharapkan mampu menyikapi dan menangani berbagi permasalahan kesejahteraan sosial khususnya pemuda. Karang Taruna “Patera Yodha” melalui program-program yang telah ditetapkan, harus selalu berkoordinasi untuk melakuan pelayanan kesejahteraan sosial. Sesuai dengan yang diharapkan oleh Pemerintah (Departemen Sosial) melalui Dirjen Pemberdayaan Sosial, Karang Taruna diharapkan sebagai ujung tombak yang akan mengisi kegiatan dibidang pembangunan kesejahtraan sosial di tingkat desa.
            Dengan bekal pengetahuan, pengalaman dan kemampuan yang optimal, Karang Taruna “Patera Yodha” insyaAllah akan mampu (berusaha) secara maksimal menangani permasalahan kesejahteraan sosial, sehingga permasalahan sosial yang ada di Desa Pasir setidak-tidaknya akan menjadi berkurang.
            Karena dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Desa Pasir, Karang Taruna “Patera Yodha” akan mampu memberikan kontribusi secara optimal melalui program-programnya, dan pada saatnya masyarakat akan merasakan dampak positifnya, yaitu permasalahan sosial berkurang, kesejahteraan sosial meningkat dan kesetiakawanan sosial maupun kebersamaan sosial menjadi lebih baik.
            Beberapa program UKS (Usaha Kesejahteraan Sosial), Karang Taruna “Patera Yodha” dapat bermitra dengan lembaga / organisasi lain ( pemerintah, LSM) untuk mendapatkan manfaat lebih bagi masyarakat pada umumnya, baik bidang pengetahuan teknis dan ekonomi produktif maupun kerja sama untuk melakukan tindakan pencegahan preventif terhadap prilaku-prilaku negatif remaja, tumbuhnya kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba, minuman keras dan lain-lain melalui kegiatan olah raga, kesenian dan rekreasi dan lain-lain.
Pelayanan dan rehabilitasi sosial yang lain adalah: kebersihan lingkungan, penyantunan para penyandang cacat dan anak terlantar, secara rujukan maupun langsung, penyantunan yatim piatu, korban bencana dan lain-lain. Program lain yang memungkinkan bisa dilakukan adalah bidang Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Kesehatan dan Gizi, KB, Pertanian dan bidang-bidang lain, merupakan bagian dari cakupan program-program yang bersifat fleksibel yang dapat dikembangkan secara tuntas tanpa menimbulkan akses-akses negatif. Inti dari program-program tersebut berfungsi antara lain sebagai pencegahan, rehabilitasi, pengembangan dan penunjang.
            Selain dari program-program tersebut diatas, masih banyak kegiatan yang dapat dijalankan untuk membangun Desa Pasir khususnya pada bidang kesejahteraan sosial.
            Demikian, sekilas tentang gambaran umum tentang pemberdayaan dan potensi Karang Taruna “Patera Yodha” Desa Pasir, dengan dukungan kita bersama, mudah-mudahan Karang Taruna “Patera Yodha” bisa tetap eksis selalu dan membawa kemanfaatan bersama. Amin.
Trimakasih atas dukungan dan partisipasinya.


Majlis Pertimbangan Karang Taruna “Patera Yodha”
Disampaikan dalam acara Temu Karya Reformasi Pengurus Karang Taruna Patera Yodha
Desa Pasir, 9-Desember-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar